Pembentukan PMIKJ berawal dari pemikiran 3 orang penerima beasiswa D3 Monbusho yaitu Candra Dermawan D3 ’92 (Candra, 26 thn), Endrianto Djajadi ’93 (Endri, 24 thn) dan Napoleon D3 ’94 (Leo, 23 thn).

Pemikiran ini berawal dari perbincangan bertiga mengenai keadaan mahasiswa Indonesia penerima beasiswa d3 yang muslim dimana dari tahun ke tahun bertambah banyak. Momentum pendirian ini juga diilhami dengan kedatangan banyaknya penerima beasiswa monbusho d3 angkatan 98 yang terdiri dari 6 orang muslim dan 1 muslimah. Keenam muslim ini adalah, Adam Zaenuddin, Ahmad Iqbal, Muhammad, Yose Fachmi Buys, Tristanto Prabowo, Asep Mulyana W. Sedangkan muslimahnya adalah Prieka Khusnul Khatima.

Saya (endri) berfikir nantinya kalau penerima beasiswa ini semakin hari semakin banyak, sayang sekali kalau tidak ada forum komunikasi diantara sempai (kakak kelas) dan kohai (adik kelas). Sempai sudah lama mengenyam pendidikan di jepang, tentunya mempunyai banyak pengalaman yang bisa disampaikan kepada para kohai, seperti informasi makanan halal, cara mencari beasiswa ketika meneruskan S1 ke universitas, persiapan ujian perpanjangan beasiswa monbusho, cara memilih universitas ketika meneruskan S1, trik mencari kerja, cara mencari part time job dll.

Oleh karena itu usulan ini saya diskusikan kepada Leo yang kebetulan Leo adalah adik kelas saya di Numazu College of Technology. Sedangkan Candra adalah kakak kelas saya yang mengajarkan saya makanan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh ketika saya baru datang ke jepang 1 Oktober 1993.

Hubungan kami bertiga memang sangat dekat sehingga pemikiran untuk membentuk forum komunikasi untuk anak d3 ini bisa terealisasikan dengan cepat. Ketika pemberian nama forum komunikasi ini kami mencari nama yang cocok dengan keadaan kami yaitu muslim indonesia yang kuliah di jepang dan pernah tinggal di Komaba (Komaba adalah daerah asrama anak d3 ketika belajar bahasa Jepang di Tokyo). Dari pemikiran di atas maka jadilah nama organisasi ini menjadi Persaudaraan Muslim Indonesia Komaba Jepang yang disingkat menjadi PMIKJ.

Pendirian organisasi ini tidak dideklarasikan secara resmi dalam satu forum darat, akan tetapi email pertama yang beredar di milis PMIKJ adalah tanggal 7 Juli 1998 yang akhirnya tanggal tersebut dijadikan tanggal berdirinya PMIKJ.

Milis PMIKJ awalnya menggunakan email pmikj@usa.net dimana dari email tersebut email akan dikirim / diforward kepada anggota-anggota PMIKJ. Langkah awalnya kami mencoba untuk mengajak sempai-sempai angkatan atas untuk bergabung di PMIKJ yang saat itu dikoordinir oleh Candra, Endri dan Leo. PMIKJ ini berbasiskan angkatan d3 angkatan 98 yang berjumlah 7 orang tsb. Pembagian tugas dari kami bertiga adalah Endri sebagai PJ mailing list, Leo sebagai PJ homepage dan Candra sebagai PJ Beasiswa.

Setelah berdiri tanggal 7 Juli 1998, Candra mengusulkan agar PMIKJ membuat Beasiswa yang diberikan kepada anak-anak SD, Pesantren, Madrasah dan yatim piatu yang kurang mampu, dengan penyalur di indonesia yaitu saudara atau teman dari anggota PMIKJ. Alhamdulillah beasiswa ini dapat dimulai sejak tanggal 5 Agustus 1998. Donatur diwajibkan menyumbang 1000 yen untuk setiap bulan dan PMIKJ menyalurkan beasiswa ini kepada penyalur di Indonesia 4 bulan sekali.

Kami mengajak bergabung sempai dan kohai angkatan :

* 85 (Nuzirwan),
* 87 (Dadi Darmawan, Ismail Ekoprayitno Rozi, Mohamad Bambang Nugroho)
* 88 (Achmad Eka Chamdani, Purwadi Raharjo, Setiadi Rachmat, Ibnu Qosim)
* 91 (Andi Kurniawan)
* 92 (Candra Derwaman, Reni)
* 93 (Endrianto Djajadi, Alrijadjis)
* 94 (Ahmad F Munar, Hendri Taufan, M.Suhardiman, Napoleon, Rini Pura Kirana, Wahyu Buditomo)
* 95 (Abdul Azis Tri Kartika)
* 96 (Marlinda, Yudhi Amrata, Muhammad Yusuf)
* 97 (Nafi, Herman)
* 98 (Adam Zaenuddin, Ahmad Iqbal, Muhammad, Yose Fachmi Buys, Tristanto Prabowo, Asep Mulyana W, Prieka Khusnul Khatima)

Alhamdulillah milis PMIKJ sudah mulai ramai dan diisi dengan berbagai informasi dari para anggota.

PMIKJ bertujuan untuk memper-erat tali silaturahim diantara anggota-anggotanya yang tinggal berjauhan di Jepang dan juga berusaha mempererat hubungan silaturahim dengan anggota-anggota yang sudah pulang ke tanah air serta bertujuan untuk berbagi pengalaman diantara anggota selama belajar di Jepang. Komunikasi utama yang dilakukan
saat ini adalah melalui mailing list.

Jadi, Spirit dari pembentukan PMIKJ ini adalah untuk memperat tali silaturahim diantara anggota-anggotanya walaupun tempatnya saling berjauhan dan usianya yang saling berjauhan.

Mailing list PMIKJ berisi diskusi,tanya jawab dan tukar menukar informasi di bidang Agama Islam, teknologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya, dan bidang-bidang lainnya.

***  Pembentukan KOMITE-KOMITE di PMIKJ ***

PMIKJ mempunyai beberapa Komite yang masing-masing membawahi beberapa bidang. Komite-komite tersebut dibentuk berdasarkan kebutuhan yang diperlukan, yang merupakan hasil diskusi dari para anggota PMIKJ. Komite-komite yang ada adalah sebagai berikut:

1. Komite Beasiswa PMIKJ (KB-PMIKJ)

Dibentuk : Rabu, 5 Agustus 1998
Komite Beasiswa ini berusaha mengumpulkan dana dari para anggota yang dipergunakan untuk memberikan beasiswa kepada siswa-siswa muslim yang kurang mampu di Indonesia. Untuk saat ini yang menjadi prioritas dalam pemberian beasiswa ini adalah siswa-siswi SD atau Madrasah atau yang setingkat dengan itu. Pada tahun pertama PMIKJ dapat memberikan beasiswa kepada siswa-siswi SD dan Madrasah di 5 kota besar, yaitu: Jakarta,
Bandung, Bogor, Surabaya, Medan.

2. Komite Pendidikan PMIKJ (KP-PMIKJ)

Dibentuk : Senin, 17 Agustus 1998
Komite Pendidikan bertujuan membantu para anggota dalam bidang pendidikan. Pada saat itu KP-PMIKJ berusaha mengumpulkan soal-soal ujian yang dapat menjadi bahan referensi dalam mengikuti ujian universitas dan perusahaan di Jepang. Bidang-bidang yang ada dibawah komite KP-PMIKJ dan tugas-tugasnya adalah:

* Bidang D3 dan S1 : Mengumpulkan soal-soal ujian D-3 dan S-1 Monbusho
* Bidang D3 ke S1  : Mengumpulkan soal-soal ujian dari D-3 ke S-1
* Bidang S1 ke S2  : Mengumpulkan soal-soal ujian dari S-1 ke S-2
* Bidang perusahaan : Mengumpulkan soal-soal ujian masuk perusahaan.

3. Komite Informasi dan Komunikasi PMIKJ (KIK-PMIKJ)

Dibentuk : Senin, 17 Agustus 1998
Komite ini bertujuan memberikan sarana bagi para anggota dalam berkomunikasi yang dapat menambah keakraban dan dapat mempererat tali silaturahmi diantara para anggota.
Pada saat itu KIK-PMIKJ membawahi beberapa bidang yang berhubungan dengan informasi dan komunikasi, bidang-bidang tersebut adalah:

* Bidang Mailing list
Mengelola Mailing List PMIKJ yang beralamat :
pmikj@egroups.com
(sekarang beralamat di : pmij@yahoogroups.com)
* Bidang Home Page
Mengelola Home Page PMIKJ yang beralamat :
http://www.geocities.com/pmikj98/
(sekarang beralamat di : http://www.pmij.org/ http://www.pmij.us)
* Bidang Bulletin
Membuat buletin yang diterbitkan setiap tahun.
Buletin ini dinamakan At-Ta’aruf, sesuai judulnya isi dari Buletin ini adalah perkenalan tentang kehidupan di Jepang. Buletin berisikan informasi-informasi dan pengalaman-pengalaman yang dialami para anggota dan diperbanyak serta dibagikan kepada calon kohai yang akan datang ke Jepang bulan April setiap tahunnya.

*** Perkembangan PMIKJ dalam tahun pertama ***

Seperti dijelaskan di atas PMIKJ adalah forum yang dibuat oleh penerima beasiswa d3 Monbusho. Pada tahun tersebut d3 monbusho (Prieka) dan S1 monbusho (Andini Rizki) mempunyai hubungan yang sangat dekat. Prieka menanyakan di milis PMIKJ apakah Andini dapat bergabung di PMIKJ. Dan setelah didiskusikan bersama di milis PMIKJ, akhirnya diputuskan PMIKJ dapat menerima anggota walaupun bukan dari program d3 monbusho. Sehingga masuklah untuk pertama kalinya s1 Monbusho ke PMIKJ yaitu Andini dan diikuti oleh Teguh Pangestu. Momentum ini akhirnya membuka PMIKJ untuk menawarkan kepada para penerima beasiswa lain spt STAID, Mitsui, Depnaker, Exchange Student dll untuk bergabung di PMIKJ.

Ketiga Komite yang telah dibuat di bulan Agustus 1998 Alhamdulillah dapat berjalan dengan baik. Pada saat itu PMIKJ masih belum mempunyai pimpinan yang jelas. Seluruh aktifitas dikoordinir oleh Candra, Endri dan Leo.

Pada bulan Desember diadakan evaluasi yang kami beri nama : Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas). Mukernas PMIKJ ke 1 diadakan pada liburan musim dingin tanggal 27 Desember 1998 di ruangan serbaguna asrama Komaba. Pada Mukernas ini kami mengadkan evaluasi dari 3 Komite yang ada di PMIKJ.

Mukernas Pertama ini juga menjadi momentum bagi PMIKJ untuk membentuk kepengurusan yang lebih rapi. Alhamdulillah pada Mukernas Pertama ini dipilih dan disetujui Pengurus Organisasi PMIKJ yang Pertama yaitu :

Susunan Pengurus PMIKJ periode 1998-1999

1. Presiden                            : Endrianto Djajadi d3 ’93
2. Sekretaris                            : Marlinda  d3 ’96
3. Bendahara                            : Yose Fachmi Buys d3 ’98
4. Komite Beasiswa                        : Candra Dermawan d3 ’92
5. Komite Pendidikan
– Pengumpulan soal (Monbusho)          : Muhammad d3 ’98
– Pengumpulan soal (d3 ke S1            : Yudhi Dwi Amrata d3 ’96
– Pengumpulan soal (S1 ke S2)            : Hendri Taufan  d3 ’94
– Pengumpulan soal (Perusahaan)        : Andi Kurniawan  d3 ’91
– Pengumpulan soal (Japanese Studies)   : Fitriana Firdaus Exchange ’98
6. Komite Informasi dan Komunikasi
– Bidang Homepage                    : Napoleon d3 ’94
Abdul Azis Tri Kartika d3 ’95
– Bidang Mailing List                     : Wahyu Buditomo d3 ’94
– Bidang Buletin                         : Prieka Khusnul Khatima d3 ’98

*** Laporan ketika Mukernas Pertama ***


1. KOMITE BEASISWA

Laporan Perkembangan Kegiatan

MUKERNAS I PMIKJ, Tokyo, 8 Ramadhan 1419 H / 27 Desember 1998

Komite Beasiswa Persaudaraan Muslim Indonesia Komaba-Jepang

I. LATAR BELAKANG

Seperti telah kita ketahui bersama, dampak kiris moneter di negeri kita menyebabkan timbulnya keluarga yang hidup dalam garis kemiskinan akibat hilangnya sumber mata pencaharian. Timbulnya krisis moneter ini menyebabkan banyaknya keluarga yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) yang secara otomatis berakibat kesusahan yang amat sangat bagi keluarga yang bersangkutan.

Banyak akibat yang terjadi, satu diantara sekian akibat adalah banyaknya anak-anak yang putus sekolah di tengah jalan karena orang tua mereka tidak sanggup lagi untuk membiayai segala kebutuhan sekolah . Hal yang sangat disayangkan adalah, umumnya mereka yang putus sekolah itu adalah anak-anak yang seharusnya wajib menuntut ilmu untuk masa depan mereka. Kebanyakan dari mereka adalah yang jenjang pendidikannya masih rendah (SD).

Dengan berlatar belakang ini semua, kami (para penerima beasiswa atau dari P & K pemerintahan Jepang MONBUSHO) berusaha untuk membantu mereka sebatas kemampuan yang kami miliki dengan memberikan beasiswa kepada siswa-siswa sekolah dasar yang kurang mampu. Dengan harapan proses pendidikan mereka tetap berjalan. Karena ini adalah suatu masalah yang sangat penting sekali. Dan mengingat kebanyakan dari mereka adalah umat Islam yang paling merasakan dampak dari krismon yang berkepanjangan sampai saat ini.

Alhamdulillah, tepat pada bulan Oktober 1998, kami telah merealisasikan program beasiswa dengan membentuk suatu komite yang kami namakan Komite Beasiswa PMIKJ (KB-PMIKJ). Dalam pemberian beasiswa ini kami memprioritaskan siswa-siswa yang masih sekolah di sekolah dasar atau setingkatnya.

II. PROSEDUR

1. Penerima Beasiswa PMIKJ
– Siswa SD/Sederajat
2. Syarat Penerima Beasiswa
– Beragama Islam
– Prioritas dari keluarga yang tidak mampu
– Berprestasi
3. Masa Pemberian
– Percatur wulan
4. Jumlah Beasiswa
– Rp 30.000/bulan
5. Jumlah Penerima
– Disesuaikan dengan dana
6. Lain-lain
– Pemberian beasiswa PMIKJ ini bersifat tidak mengikat.
– Pemberian ini akan dievaluasi setiap catur wulan.
– Berdasarkan hasil evaluasi kami berhak meneruskan atau mencabut
pemberian beasiswa tersebut.

III. PENYUMBANG DANA BEASISWA PMIKJ

No Agkt    Nama
1. 91    Andy Kurniawan
2. 92     Candra Dermawan
3. 93     Endrianto Djajadi
4. 94     Hendri Taufan
5. 94     Muhammad Suhardiman
6. 94     Napoleon
7. 94     Rini Pura Kirana
8. 94     Wahyu Buditomo
9. 95     Abdul Azis T K
10. 96     Marlinda
11. 96     Muhammad Yusuf S
12. 96     Yudhi A
13. 97     Nafi
14. 98     Adam
15. 98     Ahmad Iqbal
16. 98     Andini
17. 98     Asep
18. 98     Muhammad
19. 98     Olga
20. 98     Prieka
21. 98     Teguh
22. 98     Tristanto
23. 98     Yose
24. Anto

IV. PENYALUR BEASISWA PMIKJ DI INDONESIA

1) Nama : Agus Budianto
2) Nama : Hj Rohani / Rukmi Yusu
3) Nama : Deny Hamdani
4) Nama : Indra
5) Nama : Ivan Indrawan

V. PENERIMA BEASISWA PMIKJ PERIODE OKT-NOP ‘98

Wilayah Bandung
No. Nama siswa Nama sekolah Kelas
1. Liya Yulia, SD Babakan Pari, III
2. Rani Yuliani, SD Babakan Pari, III
3. Ayang A.N, SD Cigadung I, IV
4. Nur Istiqamah, SD Cipaheut, IV
5. Asep J, SDN Cipaheut, V
6. Erhan Prahara, SD Coblong V, V
7. Fitri W, SD Cigadung I, V
8. Nuniek A, SD Coblong V, V
9. Nurul Imaniyah, SDN Sukarame, V
10. Indriawati M, SD Darul Hikam, VI
11. Ira Komariah, SMUN I Ciparay, I

2. Wilayah Jakarta
No. Nama siswa Nama sekolah Kelas
1. Alfian, SDN Tambun Jaya Bekasi, II
2. Ja’far, SDIT Al-Khairaat, II
3. Fatimah, SDIT Nurul Fikri, III
4. Izat, SDIT Al-Hikmah, III
5. Faradisi, SDIT Nurul Fikri, IV
6. Farhan, SDIT Nurul Fikri, IV
7. Aisyah, SDIT AL-Khairaat, V
8. M. Said, SDN Tambun, V
9. Sri Haryani, SMP Terbuka Pd. Bambu, I

3. Wilayah Bogor
No. Nama siswa Nama sekolah Kelas
1. Nurdiah, SD Kota Batu IV, II
2. Riri Lestari SD Empang III, II
3. Sinta SD Empang V, IV
4. Lukman Hakim SD Empang V, V
5. Rahmadin SD Empang III, V
6. Hegi Aditya W SD Perwanida VI
7. Meta Septiani SD Kota Batu I, VI
8. Nurul Fauziah SD Kota Batu V, VI
9. Siti Laela SD Empang V, VI
10. Asep Zakaria

4. Wilayah Surabaya

VI. HAMBATAN

Alhamdulillah, sampai saat ini kami belum mendapatkan hambatan. Semua berjalan dengan lancar dengan izin Allah SWT. Penyaluran beasiswa pada periode I (Agt98 – Nov98) telah berjalan dengan lancar. Dan sekarang kami sedang memasuki pada periode II (Des 98 – Mar 99). Dalam periode II ini kami juga memberikan beasiswa bagi siswa-siswa yang
berada di Medan.

VII. RENCANA KB-PMIKJ

Sampai saat ini, program beasiwa PMIKJ hanya diberikan kepada siswa-siswa sekolah dasar (SD) atau sederajat, karena jenjang pendidikan mereka masih jauh. Insya Allah, program beasiswa PMIKJ akan dikembangkan lagi, yaitu memberikan beasiswa kepada siswa-siswa SMP/Sederajat dan SMU/Sederajat. Dan bila program ini berjalan baik kami juga akan berusaha untuk memberikan beasiswa kepada Mahasiswa/i.

VIII. HIMBAUAN

Kepada rekan-rekan penerima beasiswa MONBUSHO (baik yang telah atau sedang mendapatkan beasiswa MONBUSHO), diharapkan partisipasinya di dalam program beasiswa PMIKJ ini. Insya Allah dengan bantuan rekan-rekan sekalian program mulia ini dapat berjalan secara konsisten.

Candra Dermawan

Koordinator KB-PMIKJ

2. KOMITE PENDIDIKAN

Bidang Pengumpulan soal-soal ujian dari S1 ke S2

I. Perkembangan kegiatan

Pengumpulan soal-soal ujian dari S1 ke S2 telah dilaksanakan pada bulan September lalu. Pada tahun 1998 ini, soal-soal yang dapat dikumpulkan terdiri dari 5 Unversitas dalam bidang Elektro. Soal-soal yang telah terkumpul adalah sebagai berikut.:
Nama Universitas  Bidang                Tahun
1. Tokyo University  Denki,Denshi,Jouhou   1989-1995,1997
2. Kyoto University  Denki                 1988-1994
3. Tokyo Inst. Of Tech.  Denki Jouhou      1996-1998
4. Tohoku University     Denki Jouhou      1988-1996
5. Yamanashi University  Denshi Jouhou     1988-1997

Bagi rekan-rekan yang ingin memfotocopy soal-soal tersebut dapat langsung menghubungi Koordinator KP-PMIKJ Bidang Pengumpulan Soal-soal ujian S1 ke S2.

II. Hambatan

Karena setiap universitas berbeda dalam pelaksanaan ujian masuk (ada univ. yang soal-soal ujiannya boleh dibawa pulang dan ada pula univ. yang soal-soal ujiannya harus dikembalikan kepada panitia. Sehingga soal-soal yang terbaru sulit untuk didapat.

III. Saran

Soal-soal yang terkumpul pada tahun ini, mungkin hanya berguna bagi rekan-rekan yang akan meneruskan studinya di bidang Elektro. Bagi rekan-rekan yang belajar dibidang lain diharapkan dapat mencari soal-soal yang sesuai dengan bidangnya baik melalui Universitas yang bersangkutan ataupun melalui teman-teman Jepang yang lainnya.

Ada Universitas yang memang menyediakan soal-soal yang pernah diujikan, dengan mengirim amplop ukuran A4 beserta perangko kita bisa mendapatkan soal-soal tahun sebelumnya dan ada pula universitas yang menjual soal-soal tahun sebelumnya di Koperasi Universitas.

Insya Allah pengumpulan soal-soal ini tetap berjalan baik dan jenis soal-soalnya pun dapat bervariasi dari bidang-bidang yang lain.

Endrianto

Koordinator KP-PMIKJ, Bid. Pengumpulan Soal ujian S1 ke S2

3. KOMITE INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Bidang Mailing List

I. Perkembangan Kegiatan

Ketika PMIKJ dibentuk pada tanggal 7 Juli 1998, sarana yang digunakan untuk berkomunikasi antar anggota adalah melalui mailing list. Pada saat itu mailing list yang kami gunakan mempunyai alamat pmikj98@usa.net. Sejak tanggal 13 Desember 1998 mailing list PMIKJ dipindahkan ke alamat pmikj@egroups.com. Ada beberapa pertimbangan mengapa mailing list ini dipindahkan. Di bawah ini adalah kelebihan pmikj@egroups.com dibandingkan pmikj98@usa.net :

Bila rekan-rekan me-reply email dari mailing list egroups.com maka secara otomatis email tersebut akan direply ke egroups.com kembali, tidak direlpy ke pengirim pertama.

Di depan tiap subjek email akan tertulis [PMIKJ], sehingga mempermudah anggota untuk membedakan mana email yang dari PMIKJ dan mana email yang bukan dari PMIKJ.

Anggota PMIKJ selain dapat melihat email dari mailbox di komputer masing-masing, dapat pula melihat email-email yang di posting ke egroups.com di homepage egroups.com, yang bisa diakses di http://www.egroups.com/list/pmikj. Email-email tersebut dapat dilihat dalam bentuk Web.

Mail-mail yang sudah pernah diposting ke mailing list PMIKJ antara lain:
– Tentang Ilmu Pengetahuan
– Tentang agama Islam baik artikel maupun hadits-hadits.
– Berita-berita tanah air.
– Informasi yang berkaitan dengan anggota.
Dan lain-lain.

III. Hambatan

Hambatan yang dirasakan oleh pengurus mailing list pada dasarnya tidak ada, tetapi kalau dilihat mailing list ini belum sepenuhnya diisi oleh semua anggota. Dalam artian rekan-rekan yang menulis di mailing list ini masih hanya beberapa orang.

IV. Himbauan

Karena PMIKJ telah menyediakan sarana komunikasi dalam bentuk mailing list maka kami sebagai pengurus mailing list menghimbau kepada semua anggota untuk turut aktif menulis di mailing list PMIKJ. Tentang isi dari email tidak dibatasi, rekan-rekan boleh menulis apa saja di mailing list tersebut baik berupa artikel tentang Ilmu Pengetahuan, artikel tentang agama, tentang berita tanah air, puisi, pengalaman hidup dan lain-lain. Diharapkan mailing list ini dapat digunakan sepenuhnya sebagai sarana komunikasi, sebagai pusat informasi bagi para anggota, dengan seringnya para anggota berinteraktif melalui email, Insya Allah ukhuwah islamiyyah diantara anggota dapat tumbuh dengan sendirinya.

Endrianto

Koordinator KIK-PMIKJ, Bid. Mailing List

***  Hasil MUKERNAS PMIKJ ke 1 ***
Susunan pengurus PMIKJ dan anggota periode 1998 – 1999

1. Presiden                                           :  Endrianto d3 ’93
2. Sekretaris                                     :  Marlinda d3 ’96
3. Bendahara                                        :  Yose F d3 ’98
4. Komite-Komite
4.1 Komite Beasiswa                                  :  Candra D d3 ’92
4.2 Komite Pendidikan
A.    Bid. Pengumpulan soal ujian D3 dan S1         :  Muhammad d3 ’98
B.    Bid. Pengumpulan soal ujian dari D3 ke S1      :  Yudhi D d3 ’96
C.    Bid. Pengumpulan soal ujian dari S1 ke S2      :  Hendri T d3  ’94
D.    Bid. Pengumpulan soal masuk perusahaan      :  Andi K d3 ‘91
E.    Bid. Pengumpulan soal ujian Japanese Studies  :  Fitriana F d3 ’98
4.3 Komite Informasi dan Komunikasi
A.    Bid. Home Page                               :  Napoleon d3 ’94
Abdul Aziz TK d3 ’95
B.    Bid Mailing List                               :  Wahyu B d3 ’94
C.    Bid Bulletin                                   :  Prieka K d3 ’98
5. Anggota
1.  Angkatan 87 : Dadi Arif Darmawan, Ismail Eko Prayitno Rozi
2.  Angkatan 88 : Achmad Chamdani Eka, Ibnu Qosim
3.  Angkatan 92 : Reni S
4.  Angkatan 93 : Alrijadjis
5.  Angkatan 94 : Muhammad Suhardiman, Rini Pura Kirana
6.  Angkatan 96 : Muhammad Yusuf S
7.  Angkatan 97 : Herman W, Nafi Iwan
8.  Angkatan 98 : Adam, Ahmad Iqbal, Andini R, Asep W, Teguh P, Tristanto, Yulia Astuti

***  Hasil MUKERNAS PMIKJ ke 2 ***

MUKERNAS  II PMIKJ, Komaba, Selasa 20 Juli 1999

I. AGENDA ACARA
1. Pembukaan (13:30)
– Sambutan dan Pembacaan ayat suci Al-Quran
2. Perkenalan Antar Anggota
3. Mengenai Komite
4. Perkembangan Komite
5. Pertemuan Tahunan PMIKJ
6. Pemilihan Pengurus Baru
7. Pembahasan AD & ART
8. Penutup (18:30)

II. HASIL RAPAT
A. KOMITE-KOMITE PMIKJ
1. KOMITE BEASISWA
a. Usulan
– Membuat formulir pendaftaran dan laporan  para penerima beasiswa
– Jangka waktu beasiswa :
– Beasiswa berjangka waktu 1 tahun dan untuk perpanjangannya dapat
dipertimbangkan kembali
– Berjangka waktu sampai tamat sekolah (tamat SD ? )
– Cara pemberian beasiswa :
– Jumlah beasiswa diperbesar pada awal tahun ajaran, kemudian perbulannya hanya
berupa uang sekolah (SPP / BP3)
– Berupa barang (buku, seragam dsb) pada awal tahun ajaran, selanjutnya berupa uang sekolah dan bila diluar itu memerlukan sesuatu bisa dipertimbangkan
– Berupa uang SPP / BP3, dari penyalur langsung ke sekolah atau guru agama
– Diberikan berupa uang sekaligus untuk jangka waktu tertentu (satu catur wulan,
dsb) dengan pengawasan melalui buku tabungan
– Melalui badan yang bersangkutan
b. Keputusan
– Format formulir akan dibuat oleh pengurus dan dikirim ke penyalur di Indonesia.
– Jangka waktu pertahun dan dapat diperpanjang
– Tiap 4 bulan sekali diadakan evaluasi kecil, tiap 1 tahun sekali diadakan evaluasi besar.
– Berupa uang, dengan jumlah lebih besar pada awal tahun ajaran dan pada bulan-bulan berikutnya berupa uang sekolah
– Beasiswa yang berupa uang sekolah diambil dengan semacam kupon tanda terima atau kartu SPP, langsung dari penyalur di daerah
– Besar beasiswa disesuaikan dengan kondisi tiap daerah
– Pengiriman dari Jepang adalah tiap 4 bulan sekali

2. KOMITE PENDIDIKAN
Keputusan
– Pengumpulan bahan/soal ujian Monbusho 1999 langsung ke Sekretariat di Jakarta, kalau ternyata soal-soalnya banyak maka bisa dikirim ke Jepang dahulu dan dikerjakan bersama di Jepang.
– Pengumpulan materi soal juga dengan bersumber pada peserta tes Monbusho di SMA masing-masing, bagi rekan-rekan yang pulang ke Indonesia diharapkan dapat mengumpulkan informasi dari SMAnya.

3. KOMITE INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Keputusan
– Bulletin
–  Pengadaan 2 macam bulletin
– Bulletin edisi istimewa bagi calon kohai, terbit setahun sekali berisi pengalaman-pengalaman sempai di Jepang. Dengan bulletin ini diharapkan calon kohai dapat mengetahui situasi Jepang sebelum mereka tiba di Jepang.
–  Bulletin on line, berisikan artikel-artikel baik ttg Islam maupun tentang Ilmu Pengetahuan. Tulisan dalam bulletin ini bisa rangkuman dari artikel yang pernah ada di milis, boleh juga artikel baru.
–  Home Page

–  Penulisan daftar soal-soal henyuu
Daftar soal-soal dan universitasnya dapat dilihat di HomePage PMIKJ

B. SUSUNAN PENGURUS BARU
Presiden          :  Endrianto                              D3-93
Sekretaris        :  Irene Dyah Respati                      D2-97
Bendahara       :  Yose Fachmi Buys                       D3-98
Komite-komite
1. Komite Beasiswa : Candra Dermawan (Koordinator)
Isa Ismet Khumaedi                         R-98
Muhammad Arfian                          S1-91
Fachri Ghozaly                             S1-99
Kartika Agung W                           S1-99
Yose Fachmi Buys                          D3-98
Henda Mutia Elmira                         D3-99
Melira                                     D3-99

2. Komite Pendidikan :
Femina Sagita                            S2-98
Andini Rizky                           S1-98
Arif Junaidi                            S1-99
Marlinda                                D3-96
Adam                                    D3-98
Asep Mulyana Winandar                    D3-98
Muhammad                            D3-98
Donny Yulianto                                D3-99
Nilam Bekti S                            D3-99
Ollga                                        D2-97
3. Komite Informasi dan Komunikasi :
Muhammad Yusuf                          S1-88
Teguh                                     S1-98
Endrianto                                 D3-93
Napoleon                                  D3-94
Ahmad Iqbal                                 D3-98
Prieka Khusnul Khatima                     D3-98
Tristanto Prabowo                     D3-98
Dalimuddin                             D3-99
Hari Setiawan                                  D3-99
Lila Kurniasari                              D3-99
Irene Dyah Respati                         D2-97

C. Pembahasan AD-ART PMIKJ
Alhamdulillah pada Mukernas ke 2 ini dapat disusun AD-ART PMIKJ yang menjadi dasar dari Organisasi ini. AD-ART PMIJ dapat dilihat di Homepage PMIJ

III. DAFTAR HADIR
No  Program  Angkatan           Nama
1.      S1        88         Muhammad Yusuf
2.      S1        91         Muhammad Arfian
3.      STAID    93         Ahmad Rully
4.      D3                   Endrianto
5.      D3        94         Napoleon
6.      D3        96         Marlinda
7.      D2        97         Irene
8.      D2                   Olga
9.      D3        98         Adam
10.      D3                   Ahmad Iqbal
11.      D2                   Andhitiawarman      (belum mjd anggota)
12.      S1                   Andini R
13.      D3                   Asep M Wihandar
14.      AIEJ                 Isa Ismet
15.      S2                   Femina Sagita
16.      D3                   Muhammad
17.      D3                   Prieka Khusnul K
18.      S1                   Teguh P
19.      D3                   Tristanto Prabowo
20.      D3                   Yose Fahmi Buys
21.      S1       99          Arif Junaidi
22.      D3                   Dalimuddin
23.      D3                   Donny Yulianto
24.      S1                   Fachri Ghozaly
25.      D3                   Hari Setiawan
26.      D3                   Henda
27.      S1                   Kartika Agung
28.      D3                   Lila
29.      D3                   Melira
30.      D3                   Nilam
31.    Wahyudi            (belum mjd anggota)
32.                            Tuti A (Istrinya Mas Aan)  (belum mjd anggota)

***  Pembentukan Majelis Syuro PMIKJ ***
Nama : Majelis Syuro Persaudaraan Muslim Indonesia Jepang disingkat MS-PMIJ
Ditetapkan pada : Rapat Anggota di Komaba
Hari, Tanggal : Sabtu, 29 Desember 2001
Latar belakang pembentukan :
Dikarenakan anggota PMIJ yang bertambah banyak dari tahun ke tahun dan sulit untuk merumuskan kegiatan dari PMIJ ini maka dirasakan perlu dibuat suatu majelis yang bertugas memikirkan hal-hal keorganisasian dari PMIJ ini.
Tujuan pembentukan :
•    Merumuskan haluan organisasi
•    Memberi nasehat kepada presiden
•    Merumuskan bentuk nyata aspirasi dari anggota
•    Memperlancar proses regenerasi

Sejarah MS-PMIJ

MS-PMIJ dibuat berawal dari usulan Sdr. Ahmad Iqbal (Mantan Presiden PMIJ ke 3), dengan dibentuknya milis “Kokkaigi” pada bulan Mei 2001. Pembentukan Kokkaigi ini pada awalnya dibentuk agar pembahasan mengenai PMIJ seperti pembahasan perubahan AD-ART dan proses regenerasi kepengurusan Staff PMIJ dapat berjalan dengan lancar. Oleh karena itu pembahasan yang pertama kali diadakan adalah pembahasan tentang perubahan AD-ART, keanggotaan dan proses pemilihan calon-calon Presiden PMIJ untuk masa kepengurusan berikutnya. Kokkaigi ini diketuai oleh Sdr. Iko Pramudiono. Setelah berjalan beberapa lama, agar kokkaigi ini dapat ditetapkan sebagai bagian dari PMIJ maka diadakan perubahan nama dari Kokkaigi menjadi Majelis Syuro PMIKJ.

Pada awalnya diusulkan 4 nama yaitu :
•    Majelis Syuro
•    Majelis Syuro Organisasi
•    Majelis Pertimbangan
•    Majelis Pertimbangan Organisasi

Dan pada tanggal 4 Oktober 2001 Kokkaigi berubah menjadi Majelis Syuro PMIKJ dengan Ketuanya Sdr. Endrianto Djajadi (Mantan Presiden PMIJ ke 1 dan 2).

Setelah acara penyambutan anak baru (mitsui dan depnaker) hari sabtu tanggal 6 Oktober 2001 di rumah Sdr M.Arfian, diadakan pertemuan yang dihadiri oleh :
1.    Muhammad Arfian (Angkatan yang dituakan)
2.    Endrianto Djajadi (Mantan Presiden PMIKJ ke 1 dan 2)
3.    Ahmad Iqbal (Mantan Presiden PMIKJ ke 3)
4.    Ahmad Ompo (Mantan Presiden PMIKJ ke 4)
Dalam pertemuan itu diputuskan bebarapa hal, yaitu :
•    Nama badan : Majelis Syuro PMIKJ ( ms-pmikj@yahoogroups.com)
•    Badan ini secara resmi didirikan oleh PMIKJ dan diumumkan ke anggota pmikj melalui milis pmikj.
Pada pertemuan tersebut ditetapkan Latar belakang pembentukan MS-PMIKJ,
Tujuan pembentukan MS-PMIKJ dan Keanggotaan MS-PMIKJ.
Anggota MS-PMIJ tahun pertama 2001-2003 :
Ketua : Endrianto Djajadi (d3 ’93 Monbusho)
Anggota :
1. Muhammad Arfian (S1 ’91 Monbusho)
2. Candra Dermawan (d3 ’92 Monbusho)
3. Iko Pramudiono (Mitsui ’92)
4. Hendro Subagyo (STAID ’94)
5. Abdul Azis Tri Kartika (d3 ’95 Monbusho)
6. Marlinda (d3 ’96 Monbusho)
7. Ratih (Depnaker)
8. Ahmad Iqbal (d3 ’98 Monbusho)
9. Ahmad Ompo (S1 Monbusho)
10. Idham (Depnaker)

***  Perubahan nama dari PMIKJ menjadi PMIJ ***

Pada acara Forum Silaturahim PMIJ bulan Desember 2001 telah diadakan Musyawarah anggota yang menetapkan perubahan nama organisasi dari PMIKJ menjadi PMIJ. Perubahan nama ini telah dibahas di milis MS-PMIJ dan diresmikan pada acara Forum Silaturahin PMIJ tanggal 29 Desember 2001.
Keputusan MS-PMIJ sebagai berikut :

Keputusan No. 1 Pengubahan nama organisasi dari PMIKJ menjadi PMIJ
Pembahasan : 23 Okt 2001 – 9 Nov 2001
MENGINGAT :
Kekurangan
1.    Mengurangi kecirikhasan dari organisasi karena nama yang spesifik spt KOMABA dihilangkan
2.    Hilangnya nilai historis dari organisasi ini
3.    Perlunya pengubahan semua struktur yang ada kaitan dengan tulisan PMIKJ menjadi PMIJ spt AD-ART,HP, dokumen-dokumen, nama beasiswa dll, ini memakan waktu dan tenaga yang cukup banyak (beban administrasi)
Kelebihan
1.    Diharapkan para anggota yang tidak pernah tinggal di komaba dapat lebih merasa terikat dan tumbuh rasa memiliki karena tidak ada kata-kata KOMABA nya
2.    Dapat lebih bersifat terbuka dan akan lebih mudah dalam merekrut anggota

MEMPERTIMBANGKAN :
Semua keputusan ada kekurangan dan ada kelebihannya. Oleh karena itu harus difikirkan mana yang lebih bermanfaat demi kemashlatan umat. Kelebihan terasa lebih urgen dibandingkan kekurangannya.
MEMUTUSKAN :
Memberi mandat kepada Presiden untuk mengubah nama organisasi dari PMIKJ menjadi PMIJ, dengan urutan kerja :
1.    Memasyarakatkan hasil syuro dari ms-pmikj ini ke milis staff untuk didiskusikan kembali dengan para pengurus PMIKJ. Andaikata pengurus PMIKJ tidak setuju dengan keputusan diatas, dapat diangkat kembali pembahasan ini di dalam diskusi di MS.
2.    Memasyarakatkan hasil syuro di ms dan staff ke milis PMIKJ dan meminta pendapat anggota yang lain mengenai hasil tsb dan berikan waktu beberapa hari dan bila tidak ada jawaban dan usulan dianggap anggota menyetujui semua keputusan diatas.
3.    Memasukan agenda pengubahan secara resmi nama PMIKJ menjadi PMIJ ketika silaturahmi musim dingin.
Diputuskan hari, tanggal : Jumat, 9 November 2001

Yokohama, 28 Juni 2008
Sejarah PMIJ ini ditulis oleh Endrianto Djajadi Presiden 1 PMIJ dalam rangka menyambut 10 tahun terbentuknya Persaudaraan Muslim Indonesia Jepang (PMIJ).

SELESAI