PMIJ adalah singkatan dari Persaudaraan Muslim Indonesia Jepang, yang merupakan satu organisasi Islam yang dibentuk tepatnya pada tanggal 7 Juli 1998. Pada awalnya bernama PMIKJ yang merupakan singkatan dari Persaudaraan Muslim Indonesia Komaba Jepang. Nama `Komaba` diambil dari tempat awal terbentuknya organisasi ini. 3 tahun dengan tetap menggunakan nama PMIKJ akhirnya pada tanggal 29 Desember 2001, organisasi ini berubah nama menjadi PMIJ mengingat anggotanya yang terus meluas. Proses pembentukan organisasi ini berjalan secara dinamis, dimana komite-komite di bawahnya dibentuk berdasarkan kebutuhan yang ada.

Pembentukan PMIJ berawal dari forum komunikasi diantara para penerima beasiswa monbusho yang beragama islam melalu mailing list. Melalui mailing list tersebut para anggota dapat berbagi pengalaman, informasi dan berbagai hal yang berhubungan dengan kehidupan di Jepang yang kadang kala sulit dipecahkan sendiri. Forum komunikasi tersebut dilanjutkan dengan pertemuan para anggota yang menghasilkan beberapa keputusan yang berhubungan dengan program kerja nyata PMIJ.

Komite-Komite PMIJ

  1. Komite Beasiswa PMIJ (KB-PMIJ)KB-PMIJ berusaha mengumpulkan dana dari para anggota yang disalurkan sebagai Beasiswa PMIJ. Beasiswa PMIJ ini diberikan kepada siswa-siswa muslim di Indonesia yang kurang mampu. Untuk saat ini Beasiswa PMIJ diprioritas bagi siswa-siswi SD atau Madrasah atau yang setingkat dengan itu. Beasiswa PMIJ ini sudah berjalan sejak bulan Oktober 1998 yang telah diberikan kepada 70 siswa di 6 daerah, yaitu: Aceh, Medan, Jakarta, Bogor, Bandung dan Surabaya.
  2. Komite Ilmu dan Pendidikan PMIJ (KIP-PMIJ)Ruang gerak utama KIP-PMIJ ialah melakukan usaha-usaha dalam rangka meningkatan khazanah ilmu anggotanya secara ilmiah, baik ilmu syar’i maupun pendidikan formal. Salah satu bentuk nyata kerja KIP-PMIJ ialah menyediakan fasilitas perpustakaan PMIJ, yang menyediakan Tafsir Al-Qur’an, buku-buku Fiqih, dan sebagainya.

    Di samping itu, untuk membantu para anggota dalam menghadapi ujian di beberapa universitas atau perusahaan di jepang, KP-PMIJ juga mengumpulkan soal-soal ujian di beberapa universitas dan beberapa perusahaan.

  3. Komite Informasi dan Komunikasi PMIJ (KIK-PMIJ)KIK-PMIJ bertujuan memberikan sarana bagi para anggota dalam berkomunikasi. Diharapkan dengan komunikasi ini dapat menambah keakraban dan dapat mempererat tali silaturahmi diantara para anggota baik sesama anggota yang masih berada di Jepang, maupun dengan anggota yang berada di luar Jepang baik yang berada di Indonesia a taupun yang berada di negara lain. Pada saat ini KIK-PMIJ membawahi beberapa bidang yang berhubungan dengan informasi dan komunikasi, bidang-bidang tersebut adalah:

    – Bidang Mailing list: Mengelola mailing list PMIJ

    – Bidang Humas: Memberikan informasi aktual tentang kegiatan PMIJ sebagai fungsi humas dan mengelola situs PMIJ

    – Bidang Bulletin: Membuat buletin At-Ta’aruf yang diterbitkan setiap tahun

Kiprah PMIJ

  1. Sejak Oktober 1998, melalui Komite Beasiswa, telah tersalurkan dana beasiswa PMIJ. Sampai saat ini penerima beasiswa PMIJ ini ada sebanyak 95 siswa SD atau Madrasah atau yang sederajat di 7 daerah, Aceh, Medan, Jakarta, Bogor, Bandung, Mamuju dan Surabaya.
  2. Berhasil menerbitkan buletin At-Ta`aruf dan Hikari. Buletin Attaruf adalah buletin yang berisi pengalaman-pengalaman para anggota yang kemudian dikirim kepada para siswa yang akan datang ke Jepang. Sampai saat ini penerima buletin ini masih difokuskan kepada penerima beasiswa D2, D3, dan S1 monbusho. Hal itu disebabkan hingga saat ini anggota PMIJ kebanyakan dari penerima beasiswa Monbusho. Tetapi mengingat anggotanya yang semakin banyak maka penerima Buletin At-Ta`aruf ini akan diperluas. Sedangkan untuk Buletin Hikari, merupakan buletin yang memberikan info tentang kuliah di Jepang, seperti info universitas, tips mendapat beasiswa monbusho,dll yang diperuntukkan untuk siswa/siswi SMU/MAN. Sebelumnya penyebaran buletin ini masih difokuskan kepada SMU/MAN dimana warga PMIJ pernah belajar disana. Ke depan Insya Allah akan diperluas penyebaran buletin ini.
  3. Sebagai bahan referensi dalam mengikuti Ujian Monbusho di Indonesia, PMIJ mengumpulkan soal-soal yang kemudian dibagikan melalui Bagian Kerohanian Islam SMU-SMU di Indonesia dan bimbingan-bimbingan tes yang bernafaskan islam.
  4. Beberapa anggota PMIJ yang berdomisili di Tokyo dan sekitarnya mengadakan Pengajaran Agama Islam di Masjid Otsuka setiap pekan yang dikuti oleh anak-anak dari berbagai negara.